Panduan Memakai Masker yang Benar

Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) merekomendasikan untuk menambahkan setidaknya dua lapisan lagi ke masker untuk menghindari percikan virus corona . Keputusan itu muncul setelah para peneliti menemukan, masker kain dengan tiga lapisan dapat membantu mengurangi transmisi covid-19 bahkan di ruang tertutup. WHO baru-baru ini memperbarui pedoman penggunaan masker berdasarkan studi baru. Organisasi itu mengatakan masker wajah buatan sendiri atau dibeli di toko dapat memblokir virus corona dengan lebih baik, jika bahan termasuk lapisan dalam yang menyerap, lapisan tengah untuk filter, dan lapisan luar yang terbuat dari bahan non-penyerap.

Penularan virus Corona dimungkinkan berasal dari droplet kita dan orang lain, maka dari itu sangat penting untuk menggunakan masker dengan benar.

Tim Komunikasi Percepatan Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro menjelaskan panduan memakai masker dengan benar.

Yang pertama, cucilah tangan sebelum memasang masker di bagian hidung dan mulut.

Kemudian, pastikan masker benar-benar terpasang menutupi bagian hidung dan mulut hal ini untuk mencegah cipratan droplet masuk ke mulut atau hidung kita.

Ketiga, jangan menyentuh masker saat digunakan. Jika menyentuh masker, sebaiknya mencuci tangan lagi.

Keempat, ganti masker kain setiap 4 jam dan gantilah masker bila sudah basah.

Masker kain yang sudah dipakai disimpan dengan kantong plastik atau tas kain lainnya agar tidak tercampur dengan benda lain. Jika menggunakan masker sekali pakai buanglah ke tempat sampah.

Dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, penularan virus Corona diharapkan bisa ditekan dan bisa melindungi kita sendiri dan orang lain.



Lihat Detil

Multimedia Terbaru